Olahan Jantung Pisang Crispy

Minggu, 12 Juli 2020

olahan jantung pisang, jantung pisang crispy, snack berbahan jantung pisang


Jantung Pisang Crispy



Siapa yang pernah mencoba olahan jantung pisang?

Kali ini saya mau ngajak kamu untuk berkenalan dengan bagian dari pisang yang ternyata juga bisa diolah sebagai bahan makanan atau cemilan ringan yang kriuk favorit anak-anak, yaitu Jantung Pisang Crispy.
 
Ini bukan kali pertama saya mencicipi olahan jantung pisang, rasanya dulu saat masih kanak-kanak, Mami sering mengolah bagian dalam jantung pisang (bunga jantung pisang) dengan cara direbus lalu dimakan bersama rujak atau kadang disiram dengan bumbu pecel. Rasanya nikmat, kalau kata orang Jawa Timur “Ngentekno Sego”

Makanan dengan bahan utama Jantung Pisang lainnya pernah saya coba adalah botok jantung pisang. Jangan tanya resep ya, karena waktu beli di pasar alias nggak masak sendiri.

Nostalgia akan makanan olahan jantung pisang terobati gara-gara kakak lelaki rajin bawa bendanya ke rumah. Awalnya sih beli tapi belakangan dia berburu di komplek perumahan yang kebetulan memiliki Pohon Pisang. Tentunya dengan seizin pemiliknya.

Awalnya sih ingin diolah menjadi campuran pecel atau botok  seperti dulu yang pernah dia makan, namun demi mengenalkan apa itu jantung pisang pada ketiga anaknya. Dia mengolahnya dengan cara membalutnya dengan tepung lalu digoreng sampai keemasan.

Ternyata, ketiga bocah ini suka. Setiap kali kakak membuat camilan ini. Semua orang berebut, termasuk saya.

Seperti apa rasanya?

Ada sedikit rasa manis dan gurihnya tepung. enak, serupa dengan jamur goreng tepung.


Baca Juga:

Sate Lalat Khas Pamekasan

 

Resep Jantung Pisang Crispy


Membuat olahan Pisang Crispy ini sebenarnya bisa dibilang mudah, hanya saja untuk mendapatkannya yang agak susah, kecuali kamu punya pohon pisang sendiri di rumah atau bisa berburu di pasar.

Pada awalnya kakak, hanya menggoreng bagian dalam alias bunganya.  Belakangan ini, dia mencoba untuk menggoreng bagian yang berwarna merah dan ternyata rasanya lebih enak menurut saya. 


Resep:

1 bonggol Jantung Pisang (tidak semua Jantung Pisang bisa diolah biasanya jenis  Pisang Kepok atau Pisang Raja)
1 bungkus Tepung Bumbu Serbaguna
Minyak Secukupnya untuk Menggoreng.


Langkah-langkah Mengolah Jantung Pisang




jantung pisang crispy, olahan jantung pisang


Pertama: kamu bisa menggunakan semua dari bagian jantung pisang ini (bisa juga kamu hanya mengambil bagian bunganya saja). Buka satu per satu lembaran merah yang melekat hingga menemukan bagian bunga, pisahkan. Lalu, bersihkan bagian dalam bunga yang berupa putik beserta lapisan luar berwarna bening menyerupai kuku. Kemudian, iris tipis-tipis lembaran jantung pisang berwarna merah secukupnya. Bisa campurkan dengan bunga yang sudah dibersihkan tadi. 


Kedua: cuci bersih beberapa kali di air mengalir sampai getah hilang sambil sesekali diremas-remas. Ada juga yang menambahkan sejumput garam untuk mengurangi rasa getir dari getah. Kemudian tiriskan sampai kering.



olahan jantung pisang, jantung pisang crispy



Ketiga: siapkan wadah lalu masukkan tadi irisan jantung pisang yang telah bersih dan kering. Di wadah yang terpisah larutkan 3 sendok tepung bumbu serbaguna sebagai bumbu dasar, kemudian tuangkan ke potongan  jantung pisang, aduk sampai bumbu merata. Terakhir, masukkan tepung bumbu kering ke bahan tadi, tutup dan kocok-kocok sampai semua permukaan tertutup tepung. Jika terasa kurang tebal lapisan tepungnya boleh ditambahkan lagi. Kalau saya suka yang tepungnya banyak dan terlihat tidak lengket.


Keempat: goreng di wajah yang sudah dipanaskan menggunakan api sedang dengan minyak cukup banyak supaya hasil gorengan kriuk. Goreng sampai berwarna keemasan. Jangan sampai gosong ya. Lalu tiriskan.


Jantung Pisang Crispy ini bisa dicolek pakai mayo, sambal atau saus tomat. Bisa juga dijadikan teman makan nasi. 


Selamat mencoba ya di rumah.


3 komentar

  1. Baru tau ini kalo jantung pisang bisa dibikin crispy gini juga, biasanya yang pernah kumakan cuman sayur tumis pedas gitu. Kriuk renyah gitu ya keknya ini

    BalasHapus
  2. wah mbak, biasanya kalau pisang belakang rumah dipanen sama mertua aku ditawari jantung pisang selalu nolak, kecuali kalo matengan hahahaha. tapi bisa nih dicoba kali ditawari lagi hehehe

    BalasHapus
  3. Sekilas lihat dari foto aku kira ini tongkol suwir. Hehehe
    Ternyata jantung pisang. Dimasak Botok emang enak banget jantung pisangnya.

    BalasHapus