Cara Menaikkan Domain Authority

Minggu, 31 Mei 2020

cara menaikkan domain authority




Cara Menaikkan Domain Authorithy


Beberapa bulan terakhir, beberapa WAG Blogger ramai membicarakan mengenai metode menaikkan Domain Authority. Pembicaraan mengenai topik yang satu ini memang tidak pernah habis untuk dibahas.

Sebagai seorang mengelola website pribadi, keberadaan Domain Authority itu kayak semacam evaluasi alias raport yang diberikan oleh Moz mengenai peringkat blog kita di mesin pencarian dengan rentang antara 1-100. Semakin tinggi nilainya, tentu akan membuat blog kita semakin terlihat kredibel di mata google (salah satu pusat mesin pencarian terbesar). Siapa sih yang nggak mau blognya kebanjiran trafik? Biar apa yang kita tulis bisa dirasakan manfaatnya oleh orang di luaran sana.

Domain Authority sekarang ini banyak dijadikan patokan oleh brand dalam memberikan pekerjaan kepada blogger. Tentunya mereka akan memilih website/blog dengan kualitas terbaik salah satunya nilai DA yang tinggi. Biasanya brand memiliki kriteria di kisaran 15 ke atas dan kadang ditambah dengan beberapa syarat lainnya.

Pantas saja para blogger suka baper kalau DAnya mendadak turun, maklum karena berhubungan dengan penghasilan. Sehingga, suka tidak suka, para blogger harus memperhatikan kualitas blognya supaya dilirik sama agensi.

Teknik Meningkatkan Domain Authority


Bicara soal DA, blog saya sudah pernah mengalami yang namanya naik turun. Blog pertama saya kotakwarna.com pernah mencapai di angka 20, lalu turun hingga 16 (sampai sekarang) sedangkan blog ini pernah berada di rangking 15, menurun sampai 8 lalu naik kembali ke angka 10.

Persoalan tentang nilai DA yang suka naik turun membuat saya mengikuti kelas gratis meningkatkan DA selama 30 Hari yang diprakarsai oleh mas Irwin dan Mas Pewe. Alhamdulillah saya bersyukur bisa terangkut dalam kelas ini.

Selama menyimak pembahasan di grup, saya mendapatkan banyak insight tentang apa saja sih faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kenaikan DA. ternyata ada banyak saudara-saudara, lumayan bikin kepala pusing.

Ternyata mengelola blog itu bukan sekedar menulis tapi juga rajin merawat supaya kualitasnya juga baik.


Memeriksa Kesehatan Blog


Hal yang pertama dilakukan adalah memeriksa kesehatan blog. Hal ini berkaitan dengan isi blog kita keseluruhan, seperti konten, struktur blog, kecepatan, navigasi dan banyak hal lagi.

Untuk mengecek kesehatan blog, bisa menggunakan Seoptimer yang bisa diakses secara gratis (hanya 1x sehari). Di situ kamu akan mendapatkan gambaran tentang blog yang meliputi SEO (ulasan mengenai seberapa penggunaan SEO dalam blog), Usability (bagaimana blogmu mudah diakses, mobile friendly, dll), Performance ( di sini menunjukkan tentang kinerja blog, kecepatan,dll), Social Result (Meliputi ikon media sosial yang terpasang di blog), Security (Keamanan dari sistem blog). Di akhir, kamu akan menemukan rekomendasi yang harus diperbaiki.


Membuat Konten yang Berkualitas


“Konten adalah Raja”


Konten di blog ibarat barang dagangan yang harus kita pasarkan nantinya. Tentunya kita tidak mungkin asal menjual barang tersebut ke pasaran tanpa mempertimbangkan tentang isi, kemasan, rasa dan sebagainya.

Pun dengan isi dalam blog. Tentunya kita harus membuat konten yang memiliki manfaat dan informasi bagi para pembaca. Bukan sekedar nangkring di halaman pertama google namun isinya cuman klik bait. Pedih, cuy.

Supaya konten yang kamu hasilkan memiliki kualitas yang bagus dibutuhkan riset yang mendalam, biar nanti tidak menyesatkan pembaca. Konten di sini tidak melulu tulisan, bisa video, gambar dan infografis dan diperlukan riset keyword yang tepat sebelum menulis supaya kelak tulisanmu lebih bisa menjangkau banyak orang. Jangan sampai tulisannya bagus, namun tidak banyak yang mencarinya di mesin pencarian.

Konten yang berkualitas bisa membantu mendongkrak Domain Authority. Dengan senang hati mereka akan mereferensikan konten yang telah kita buat apabila dirasa memiliki manfaat.

Beberapa foto produk kecantikan saya pernah dipakai rujukan beberapa website besar dan lumayan bisa dapat backlink berkualitas gratis.

Menerapkan Seo On Page


Beberapa alasan kenapa tulisan blog tidak mendapatkan banyak trafik, karena belum menerapkan SEO On Page yang tepat. Search Engine Optimization itu merupakan teknik di mana mengoptimasi tulisan kita supaya masuk ke posisi puncak mesin pencarian.

Kenapa harus di puncak?

Disitulah sumber trafik berada. Para pembaca/pengguna mesin pencaharian biasanya lebih memilih web/blog yang berada di halaman pertama. Jika tidak menemukan apa yang mereka cari di halaman pertama, baru beranjak ke halaman kedua.

Supaya berada di halaman pertama google, ada beberapa hal yang harus diterapkan dalam SEO On Page:

  • Meta Title/ Judul: harus unik, memiliki keyword tertarget, terdiri dari 50-60 karakter, klik bait:
  • Meta Deskripsi: terdapat keyword tertarget, terdiri dari 150 kata. Harus menggunakan kalimat yang menjual
  • URL: terdapat kata kunci, jangan terlalu panjang (3-4 kata)
  • LSI Graph: menggunakan keyword turunan atau keyword related
  • Alt Image+title: memberikan judul gambar dan keterangan gambar 
  • Internal Link: menyematkan link dari konten lain yang relevan

Baca juga:



Membuang Link yang Rusak


Setiap bulan rajinlah memeriksa apakah ada link yang rusak di dalam blog kita. Entah itu berasal dari postingan kerjasama dengan klien yang sudah tidak aktif lagi atau dari kolom komentar.


Membagi Blog ke Media Sosial


Setelah tulisanmu selesai dipublish, jangan ragu untuk membagikannya ke media sosial. Media sosial bisa jadi wadah untuk memperluas jangkauan pembaca. Siapa tahu ada yang suka dengan tulisanmu lalu ikut membagikannya ke media sosial, itu bisa menjadi sinyal kepada google bahwa blog yang kamu miliki terpercaya sehingga bisa jadi teknik menaikkan Domain Authority.

Menerapkan Seo Off Page



Jika SEO On Page berkaitan dengan konten, maka SEO Off Page ini berkaitan dengan Backlink.

Backlink itu semacam voting dari website lain yang bilang sama google kalau website kita itu bermanfaat, terpercaya. Kalau di bidang penjualan kayak testimoni pelanggan atas produk yang kita jual.

Nah, Seo Off Page ini berhubungan dengan link building, di mana kita harus mengumpulkan banyak backlink ke dalam blog kita, namun tidak sembarangan link. Melainkan dari website-website yang terpercaya dan memiliki kualitas bagus.



Sabar dan Konsisten


Membenahi blog memang bukan perkara mudah. Lakukan dengan sabar dan juga konsisten. Insya Allah akan membuahkan hasil yang diinginkan.

Setelah 30 hari mengikuti kelas gratis, apakah DA saya naik? Ternyata tidak. Mungkin karena saya kurang konsisten dan kadang rasa malas lebih besar daripada penasaran. Padahal beberapa teman lain yang bergabung dalam kelas yang sama mengalami peningkatan.


Review Selama Mengikuti Kelas Menaikkan DA Gelombang 1:


Secara garis besar, kelasnya lumayan asyik. Materi yang disampaikan banyak cuman kadang sayanya malu-malu untuk bertanya dan jam materi yang terlalu malam sehingga tidak bisa menyimak dengan sempurna.

Semoga kedepannya para pengajar bisa lebih interaktif kepada murid-muridnya dan kalau bisa jam belajarnya jangan terlalu malam, keburu ngantuk.


Kesimpulannya:


Tetap semangat mengelola blog, jangan ragu untuk bertanya kepada teman-teman yang lebih ahli dan pastinya tetap menulis ya.

1 komentar

  1. kemarin saya mencoba beberapa resep tersebut terutama membuang link yang rusak
    sama memperbaiki konten lama dan menanamkan internal link
    alhamdulillah dalam waktu 2 minggu DA naik 3 poin
    tapi yang paling penting sabar dan konsisten mbak
    ini yang sulit karena hasilnya memang tidak bisa instan ya dan butuh ketelatenan

    BalasHapus