8 Hal yang Harus Diperhatikan Para Wanita Supaya Aman Saat Solo Traveling

Senin, 07 Januari 2019




8 Hal yang Harus Diperhatikan Para Wanita Supaya Aman Saat Solo Traveling


Bepergian sendiri tentu saja menjadi hal yang menyenangkan. Kita bebas menentukan kemana arah langkah kaki tanpa takut merasa bersalah sama teman seperjalanan karena harus mengikuti kemauan mereka atau kita. Selain itu, juga tidak ada beban untuk saling menunggu.

Bawaannya bebas.

Namun, Solo Traveling juga bisa menjadi bencana terlebih lagi bagi seorang wanita. As you know, kebanyakan kasus-kasus kejahatan yang terjadi pada Turis biasanya menimpa wanita. Bukannya nggak boleh seorang wanita bepergian sendiri, hanya saja untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang. Sehingga bisa meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan selama jalan-jalan sendiri.

Nah, kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan para wanita tetap aman saat melakukan Solo Traveling?

Baca jugaPengalaman Pertama Naik Cable Car di Genting Highland

Riset Dengan Lengkap


Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu melakukan riset yang menyeluruh: seperti apa keadaan kota/negaranya, sistem transportasi, tempat wisata yang unik, makanan tingkat kriminalitas, tempat penginapan yang aman dan nyaman, dll.

Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut melalui ulasan-ulasan yang pernah ditulis oleh seseorang yang pernah berkunjung ke sana atau bisa melalui grup-grup travelling di media sosial yang bisa memberikan umpan balik langsung atas pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu tahu.

Kamu juga bisa bertanya pada orang-orang lokal sana yang bisa kamu temui di media sosial seperti Facebook, instagram,dll. Orang lokal bisa memberimu banyak informasi yang tidak kamu temukan dari ulasan perjalanan orang lain.

Saat sampai di negara tujuan, jangan berhenti melakukan riset. Tanyakan pada pemilik rumah/apartemen yang kamu sewa tentang daerah-daerah yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi. Sehingga kamu punya gambaran akan kemana.

Pastikan juga memiliki rencana cadangan, jika tidak memungkinkan untuk mengunjungi area/tempat wisata tertentu.

Jangan malu untuk bertanya sebanyak apapun karena sebuah informasi walaupun hanya sedikit banyak bermanfaat.

Beritahukan Detail Rencana Perjalanan Kepada Keluarga


Jangan samakan Solo Traveling dengan kabur dari rumah. Komunikasikan rencana perjalananmu kepada anggota keluarga dan teman. Berikan rincian detail dari itinerary (termasuk semua kontak yang kamu miliki: media sosial, nomor telepon selama berada di sana dan jika perlu nomor tempat kamu menginap) sehingga apabila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Mereka akan mudah untuk melacaknya.

Baca juga: Pengalaman Pertama Naik Pesawat terbang

Tahu Tempat-Tempat yang Aman Jika Terjadi Sesuatu


Saat bepergian sendiri, pastikan kamu tahu di mana letak tempat-tempat aman seperti Kantor Polisi, Pusat Informasi, Supermarket dan tempat-tempat keramaian.

Kamu tidak akan pernah tahu niat dari seseorang, pastikan untuk selalu berada di tempat terbuka dan ramai yang memungkin untuk menarik perhatian orang banyak saat terjadi hal yang membahayakan.


Bawa Peralatan Keamanan Pribadi


Selalu berjaga-jaga.

Demi keamanan, kamu bisa membekali diri dengan alat-alat yang mudah digunakan tapi bermanfaat untuk membantu di saat ada kejadian berbahaya, seperti: semprotan merica, alat kejut listrik, bolpoin atau bahkan peluit.

Letakan dalam tas sehingga mudah untuk dijangkau.


Baca Artikel lainnyaBatiqa Hotel Surabaya

Jangan Menerima Tawaran Gratis

Siapa yang menolak dengan hal gratisan?

Namun, kalau sedang berada jauh dari negara sendiri mungkin perlu dipertimbangkan lagi. Jangan mudah menerima pemberian dari orang yang baru kamu kenal, entah itu makanan, minuman, tempat menginap, tumpangan gratis, dll.

Lebih baik bersikap waspada daripada terjadi sesuatu hal buruk dalam perjalananmu.


Hindari Jalanan/Tempat yang Sepi


Hindari tempat-tempat dan jalanan yang sepi. Area seperti itu biasanya sering dimanfaatkan sebagai lokasi melakukan tindak kejahatan.

Sebisa mungkin jangan pulang terlalu malam sehingga memungkinkan kamu masih menemukan keramaian ketika pulang.


Jangan Berpenampilan Mencolok


Demi memiliki konten kece di Instagram, beberapa orang mempersiapkan pakaian keren. Jika kamu bepergian dengan banyak orang tidak masalah karena keamananmu bisa terjaga.

Kalau sedang Solo Traveling, ada baiknya menggunakan pakaian yang biasa saja dan nyaman. Selain mempermudah ruang gerakmu, pakaian tersebut tidak akan menarik perhatian banyak orang. Ya berbaurlah seolah-olah kamu orang lokal.

Hindari juga menggunakan perhiasan dan aksesoris yang membuat orang tidak bisa melepaskan pandangan darimu.


Kenakan Pakaian Dalam yang Memiliki Kantung Sehingga Bisa Menyimpan Barang Berharga


Untuk menghindarkan dari tindakan pencopetan, kamu bisa meletakan barang berharga seperti paspor, uang, handphone di tempat yang terpisah dan tersembunyi.

Sekarang ini banyak model pakaian dalam yang memiliki kantung khusus di dalamnya yang berfungsi untuk menyimpan barang berhargamu sehingga lebih aman. Atau kamu bisa gunakan tas pinggang yang bisa kamu sembunyikan dibalik pakaianmu.

Tips di atas ini sebenarnya tidak hanya dikhususkan pada para wanita supaya tetap aman saat Solo Traveling tapi juga bisa diaplikasikan kepada semua orang yang juga ingin melakukan perjalanan.




Selamat berjalan-jalan.

Posting Komentar