Minggu, 02 April 2017

Gurihnya Soto Ayam Keppo Pamekasan

soto ayam keppo pamekasan



Salah satu alasan kenapa saya suka mudik ke kampung halaman adalah sajian kulinernya. Bertemu dengan sanak famili sambil berwisata kuliner itu sudah jadi agenda khusus. Macam peribahasa 'Satu dayung, dua-tiga pulau terlampaui,"

Di Madura sendiri terutama Kabupaten Pamekasan ada banyak ragam sajian kuliner yang selalu bikin kangen. Rasanya nggak beneran pulang kampung kalau belum mencicipi salah satu kulinernya.

Makanan Favorit saya tiap kali pulang ke Pamekasan adalah rujak cingur. Nggak pernah ada bosan kalau berhubungan dengan makanan yang khas dengan petisnya. Yang membuat Rujak Madura berbeda dengan kuliner rujak yang lain adalah petis yang digunakan terbuat dari ikan laut.


Sayangnya, kali ini saya nggak membahas soal rujak melainkan Soto Madura.

Apa yang terlintas dalam benak kalian kalau dengar kata "Soto Madura?"

Buat kamu yang pernah mencicipi kuliner Soto Madura pasti akan menyebutkan daging dan jerohan yang disiram kuah soto yang gurih dengan ditaburi daun bawang. Kamu nggak sepenuhnya salah sih. Soto Madura yang populer diluaran sana memang menggunakan daging dan jerohan daging sapi sebagai isiannya.

Kalau kamu berkunjung ke Madura sendiri. Kamu akan kesulitan menemukan Soto Madura seperti itu apalagi di Pamekasan ya. Susah, Bro. Belakangan saya tahu dari Bapak kalau Soto Madura berbahan daging Sapi itu ternyata asalnya berasal dari Bangkalan.

Udah dapat pencerahan, kan?

Soto Ayam Keppo Pamekasan



Bicara soal Soto Ayam Madura, kalau kamu punya rencana berkunjung ke Pamekasan Madura. Kamu bisa nyobain makan Soto Ayam.  Salah satu tempat yang saya rekomendasikan adalah Soto Ayam di Jalan Raya Keppo.

Letak tempat makannya di pinggir jalan. Mobil bisa diparkir di situ. Kabarnya ada dua tempat di daerah itu yang menjual soto yang sama. Tapi keluarga kami lebih suka makan di tempat ini.

Soto Ayam Madura beda dengan Soto Ayam yang pernah saya makan di Surabaya. Kebanyakan Soto Ayam di Surabaya berasal dari Lamongan dengan ciri khas kuah berwarna kuning dan ada tambahan poya (kerupuk ikan yang dihaluskan). Sedangkan Soto Ayam Madura ini kuahnya cenderung bening dengan rasa yang light (ringan dan tidak berasa rempah banget)

Isiannya berupa potongan ayam kampung, telur, kentang rebus dan kerupuk semacam peyek yang dihancurkan serta taburan bawang goreng di atasnya. Kamu bisa makan dengan ketupat atau nasi. Buat saya dua-duanya sangat enak. Rasanya gurih dan pas dilidah. Kalau saya sih suka makan soto dengan sedikit kecap, sambal dan perasan jeruk nipis. Ehm, bikin nagih deh.


Satu porsi Soto Ayam Keppo beserta nasi/atau lontong harganya hanya sepuluh ribu rupiah saja. Wow, serius. Kuliner Madura itu harganya terjangkau loh. Dengan catatan kamu berkunjung langsung ya.

soto keppo
Soto Ayam Madura

Buat kamu yang punya agenda berkunjung ke Pamekasan-Madura. Jangan lupa masukkan menu Soto Ayam Keppo dalam menu kulinermu ya.



Salam,

18 komentar:

  1. Horeeee.. ada detail isinya... coba bikin sendiri jadi bisa... maksi mbak tikha... jd lapeer:-*

    BalasHapus
  2. wah madura gak hanya terkenal dengan bebeknya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kuliner khas madura yang wajib dicicipin, Mas

      Hapus
  3. Aku kurang beruntung banget dikasih gambar ama video doang, Nyesel deh bacanya.

    BalasHapus
  4. Di jkt, ada resto soto madura fav ku, di daerah gajahmada. Enaaak tuh.. Udh lama ih ga kesana.. Tp nyobain yg aslinya di madura lgs blm prnh.. Blm pernah ksana jugaa.. Tp aku udah catet bbrp kuliner madura yg sepertinya memang wajib coba mba :D. Walo blm tau aja nih kapan bisa kesananya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada kesempatan berkunjung ke madura langsung mbak

      Hapus
  5. Kalau makan soto ayam sering banget, tapi belom pernah nyobain yang soto ayam Madura hehe
    Jadi penasaran rasanya

    BalasHapus
  6. saya belum prnh coba soto ini aduhh jd laper abis baca postinganmu hehehe

    BalasHapus
  7. Soto ayam model gini yg bikin ngiler. Mana murah. 10 rb ajah udah bikin kenyang. Woaaaa....
    Cuma masalahnya kalau mau nikmati ini di madura yaaa kudu cari tiketnya. Cek di priceza.co.id tapi gak ketemu, huhu. Oiya ding baru inget...Sby-Madura tinggal nyebrang lewat Suramadu, huehehe. Kebiasaan cari tiket kereta Sby-Jogja sih

    BalasHapus
  8. Ke maduranya sendiri aku blm sih. Tp di jkt aku prnh diajak makan di wrung soto madura ama temen, yg rasanya enaaaak banget. Seger, kuah gurih, sambelnya mantep. Gila ngiler lg jadinya hahahaha... Kebetulan udh lama ga makan di sana mba.. Jd pengen kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuahnya soto madura memang bening dan rasanya seger mbak. Yuk ah planning ke madura

      Hapus
  9. Wah, aku belum pernah coba ini mbak. Padahal udah sering banget ke Pamekasan bahkan bisa dibilang kota kedua. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soto ayam pamekasan enak loh. Kuahnya seger dan bening gitu

      Hapus