Resep Brokoli Goreng Tepung Saus Keju

Minggu, 30 Agustus 2020

Resep Brokoli Goreng Tepung, camilan anak-anak




Membuat anak menyukai sayuran itu tidak mudah. Penuh perjuangan apalagi beberapa sayur memiliki tekstur, aroma dan bahkan rasa yang kadang tidak disukai oleh anak-anak, seperti Brokoli. Sayuran hijau yang menyerupai hutan itu memang memiliki rasa yang kurang disukai anak-anak. Akhirnya saya modifikasi Brokoli dengan cara dibalur tepung basah dan digoreng, jadilah Resep Brokoli Goreng Tepung.

Alhamdulillah meski yang tidak suka banget tapi setidaknya ketika mereka bilang enak, setidaknya itu sudah jadi afirmasi positif buat saya sebagai juru masak. Siapa coba yang nggak bahagia dipuji sama bocah-bocah, ya meskipun bukan anak sendiri sih.

Kayaknya deh, segala yang ditepungin terus kriuk-kriuk gitu bocah pada suka, kayanya mau coba dengan alternatif sayur yang lain kayak resep jantung crispy kemarin yang selalu jadi favorit semua orang di rumah, termasuk saya. Ikutan berebut sama para bocah.


Resep Brokoli Goreng Tepung Saus Keju


Resep Brokoli Goreng Tepung ini terinspirasi dengan menu di sebuah hotel yang waktu itu menyediakan gorengan berupa kembal kol goreng, kok rasanya enak begini ya. Lalu, penasaran apakah Brokoli kalau digoreng tepung begini ya tetap enak?

Berbekal rasa ingin tahu begitu akhirnya coba deh eksekusi, kali ini disajikan dengan saus keju ala-ala richeese yang.

Yuk kita simak.

Bahan-Bahan


1 bungkus tepung kriuk/bakwan serbaguna

2 Buah Brokoli yang sebelumnya dipotong-potong dan direndam di air garam 1 jam, lalu tiriskan

125 ml susu cair full cream

165 keju cheddar (merk apa saja) diparut

2 Sendok Makan Tepung Terigu.

50 gr margarin

½ sendok teh bubuk bawang putih

Merica, garam, penyedap rasa sesuai selera


Cara Pembuatan dan Penyajian:


  • Buat adonan basah dari tepung kriuk tadi, pastikan jangan terlalu encer biar tepungnya agak tebal. Masukin brokoli ke dalam adonan sampai tenggelam.
  • Panaskan wajan dan tuang minyak yang cukup banyak
  • Goreng Brokoli yang telah dilumuri tepung hingga berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan di piring yang sudah diberi tissue di atasnya supaya minyak terserap.


Resep Saus Keju Ala Richeese


  • Panaskan wajan (api kecil) dan masukkan margarin hingga cair lalu masukkan 2 sendok tepung terigu hingga tercampur rata
  • Masukkan susu secara perlahan lalu aduk hingga merata, kemudian masukkan parutan keju cheddar. Aduk rata.
  • Masukkan bumbu-bumbu yang tadi telah disiapkan, koreksi rasa dan biarkan sampai saus meletup-letup dengan tekstur kental.
  • Matikan kompor dan biarkan dingin.
Hidangkan bersama Brokoli yang sudah digoreng, saus keju bisa buat cocolan dan anak-anak pasti suka.

Mudah, kan?

Resep Brokoli Goreng Tepung Saus Keju ini bisa disajikan di sore hari ketika anak-anak sedang bersantai bersama. Nah, siapa bilang mengenalkan sayuran pada anak harus pakai acara paksaan, sebagai orang dewasa kita yang harus mencari akal supaya mereka mau berkawan dengan sayur.

Selamat mencoba di rumah.

8 komentar

  1. Belum pernah nyoba masak brokoli digoreng tepung, yang pernah tak lakukan goreng bawang bombang kriuk. Enak ternyata..

    Buat brokoli goreng gini, enaknya pake brokoli hijau apa putih mbak? Pengen nyoba, ah. Kayaknya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai brokoli putih/hijau sama aja mba. Bisa semuanya. Bwang bombay goreng juga enak

      Hapus
  2. Iyaaaa.. emang enak mbak brokoli ditepung gitu. Cuma ya harus tahan sama minyaknya, menyerap minyak bgt menurutku.
    Dan satu lagi, dicocol pakai saus keju itu enaknya kebangetan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang menyerap minyak lebih banyak. Kudu ditiriskan pakai tissue

      Hapus
  3. Kalau brokoli mah, nggak pake saus keju juga enak Mbak Tika, apalagi pakai saus keju gini, yum yum...
    Pengen contek ah, bisa buat camilan ya, biar anak-anak nggak jajan biskuit mulu.

    Sausnya kalau rempong bisa diganti saus mayumi tuh hahaha *dasar mamak malas memang saya ini :D

    Brokoli dan wortel tuh sayur yang gampang banget ngolahnya, cuman saya belum pernah sih digoreng gini, biasanya saya masak kering pakai udang, wortel, bawang putih, setelah agak lunak disiram telur, yum yum..

    Anak-anak suka banget, jadi cara makan sayur yang gampil dah kalau udah masak brokoli dan wortel, apalagi ketambahan jagung manis ya, yum yum :D

    Oh ya, btw saya dong belum pernah tahu bubuk bawang putih itu kek gimana?
    Itu bisa dijadikan obat loh, saya lupa dulu kata senior di kantor saya bilang obat buat apa gitu, asam urat atau apaaa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bubuk bawang putih itu itu kayak bawang putih goreng yang dihaluskan

      Hapus
  4. aku belum pernah kalau brokoli, biasanya kubis hahaha jajanan gak sehat iki gorengan tapi enyak wkwk.

    Dan itu saus ala richeese-nya oke deh mbak, brarti tinggal nambahin merica sama garam doang ya bumbunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak mba brokoli atau kembang kol. Kalau kubis goreng juga enak trus dicocol sambal. Ya allah jadi lapar kan

      Hapus