Kamis, 05 Juli 2018

7 Kuliner Khas Lombok yang Wajib Dicicipi Saat Berwisata


Lombok terkenal akan keindahan alamnya yang menawan. Pemandangan hamparan pasir pantai hingga gunung tinggi menjulang tersedia lengkap di sana. Namun ada satu hal lagi yang tak boleh dilewatkan bila berkunjung ke Lombok. Ya, kuliner khas Lombok yang akan membawa lidah Anda ke petualangan rasa yang berbeda dibanding kuliner di daerah lain. Daripada penasaran coba simak penjelasan berikut.


1. Ayam Taliwang



Source: kesdoe.com

Siapa tak kenal ayam bumbu khas Lombok yang satu ini? Ayam bakar yang dilumuri bumbu rempah dengan dominasi rasa pedas ini selalu bisa memikat lidah untuk mencobanya lagi dan lagi. Ramuan rempah dengan resep rahasia suku Sasak ini tak boleh Anda lewatkan bila berkunjung ke Lombok. Meski kini telah banyak yang menjualnya di luar pulau, namun tentu rasanya akan berbeda bila dikelilingi oleh suasana alam asli Lombok yang menambah selera makan.



2. Beberuq Terong


Source: Amsazinglombok


Nah kalau yang ini adalah sejenis lalapan segar yang cocok sebagai teman makan ayam taliwang. Seperti namanya, sajian ini terbuat dari terong bulat atau terong panjang yang dipotong-potong. Terong dapat diolah mentah atau dibakar terlebih dahulu. Potongan terong ditambah tomat lalu disiram dengan bumbu cabai halus yang berisi bermacam rempah. Terakhir disiram perasan jeruk limau yang membuat rasanya menjadi segar menggairahkan. Sedap.



3. Kelaq Sebie


Source: ragamlombok


Bagi Anda penggemar kuliner pedas, Lombok adalah surganya. Seperti sayur khas Lombok yang satu ini, kelaq sebie yang di klaim sebagai makanan paling pedas di sana. Bagaimana tidak, bahan utamanya saja adalah cabai rawit hijau yang dicincang lalu dimasak dengan bumbu rempah dan santan kental yang gurih. Ya, seperti namanya, sebie dalam bahasa Lombok memang berarti cabai. Nah, apakah Anda berani mencoba sensasi pedasnya?



4. Sate Bulayak


Source: indonesiakaya.com


Jenis sate yang satu ini hanya akan Anda temukan di Lombok. Diolah dari daging sapi atau ayam, yang berbeda dari sate lain adalah bumbu siraman yang dipakai. Bumbu kacangnya direbus bersama santan dan ditambahkan rempah-rempah khusus seperti jintan dan kemiri sehingga menambah rasa sedap. Lalu Anda bisa menyantap sate ini bersama bulayak, sejenis lontong khas Lombok yang dibungkus daun aren.



5. Ares


source:keajaibanalam.com

Ares adalah jenis sayur yang dibuat dari batang pohon pisang muda. Cukup unik bukan? Disiram kuah berbumbu, sayur ini dulunya hanya dibuat untuk upacara adat. Namun kini telah banyak rumah makan yang menyajikannya. Nah, Anda juga tak boleh melewatkannya bila berkunjung ke Lombok.


6. Ikan Bakar Pantai Nipah


Source:holidayislombok.com


Ikan bakar ini tersedia di sepanjang pantai mulai dari perbukitan Malimbu hingga ke pantai Nipah. Menikmati ikan bakar dengan nasi hangat dan plecing kangkung atau beberoq di tengah terpaan angin laut sepertinya cukup menggodanya untuk dicoba. Apalagi ikan yang dihidangkan merupakan hasil laut asli Lombok yang masih segar.



7. Nasi Kotaraja

Source: safprada.com

Nasi ini hanya ada di desa Kotaraja, Lombok Timur. Meski tampilannya terlihat sederhana, namun soal rasa tiada duanya. Nasi kotaraja biasanya dihidangkan dengan jangan rarit dan sambal sebie (sambal cabai rawit hijau). Jangan rarit adalah olahan daging sapi yang dimasak dengan bumbu khusus yang dijemur terlebih dahulu sebelum digoreng. Dijamin sedap dan membuat ketagihan.

Nah bagaimana, Anda sudah tergiur dengan macam-macam kuliner khas Lombok di atas? Kini Anda dapat dengan mudah memesan tiket pesawat ke Lombokmaupun destinasi lainnya melalui website Airy. Dapatkan kemudahan dalam pembayaran dan beragam promo serta diskon yang menanti. Cek harga tiket pesawat terbaik hanya di website dan aplikasi Airy. Jadi tunggu apa lagi? Cek segera dan rencanakan liburan Anda sekarang!

1 komentar:

  1. kulinernya lombok enak2,
    tapi sayang aku nggak suka pedas
    kadang cuman ngincipi dikit

    BalasHapus