Rabu, 01 November 2017

5 Peristiwa yang Bisa Mengganggu Acara Liburan


Take Your Luggage and Enjoy

Setiap kali merencanakan sebuah liburan, pasti kita menginginkan semuanya berjalan sempurna sesuai rencana. Tidak ada drama-drama kecil yang bisa mengganggu kenyamanan saat liburan. Sayangnya, ada saja peristiwa yang terkadang berada di luar kendali membuat rencana liburan tenang, damai dan tanpa drama itu tidak bisa terlaksana. 

Apa saja sih kira-kira?

Datang Bulan/Haid


Sebagai seorang wanita yang namanya datang bulan itu adalah kodrat. Repotnya kalau pas lagi liburan tiba-tiba datang bulan. Memang sih bisa kita prediksi sebelumnya, tapi namanya yang berhubungan dengan hormonal kadang nggak pasti. Bisa datang lebih cepat dan kadang terlambat.

Saya sendiri pernah beberapa kali mengalami haid saat liburan. Kalau pas bepergiannya masih di area Indonesia sih nggak masalah. Beda lagi kalau sedang berada di negeri orang. Kalau nggak salah saat itu saya sedang berlibur bersama keluarga ke Malaysia dan Singapura

Awalnya saya sih senang aja begitu tahu sebelum berangkat datang bulan. Setidaknya saya tidak perlu membawa mukena dalam tas sehingga sedikit mengurangi beban. Ternyata, datang bulan di negeri orang lebih ribet. Saya harus sering-sering ke kamar mandi untuk ganti pembalut dan tahu sendiri dong rata-rata toilet di sana kering. Fyuh, harus bawa-bawa botol air ke kamar mandu untuk membersihkan diri di bawah tatapan galak penjaga toilet. Apesnya lagi kalau perjalanan panjang dan tidak memungkin berhenti di toilet. Hiks, lumayan bikin lecet-lecet dan gerah.


Artikel Liburan Lainnya: Hunting Foto di House Of Sampoerna

Sakit


Di tengah liburan yang damai, tiba-tiba badan menggigil karena demam. Niat buat senang-senang selama liburan harus menguap karena badan mendadak tidak berkompromi. Akhirnya hanya berakhir goleran di kasur sambil mewek melihat teman-teman serombongan tertawa bahagia menikmati liburan.

Yah, namanya sakit nggak bisa ditebak. Berangkatnya baik-baik saja eh sampai tujuan malah demam. Ada banyak faktor penyebabnya sih, seperti daya tahan tubuh yang menurun karena harus beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda.  

Saya pernah mengalami ini, ketika liburan ke Lombok beberapa tahun lalu. Cuaca yang panas dan berangin di Gili Trawangan sempat membuat tubuh saya demam.  Akhirnya saya hanya bisa menikmati keindahan Gili Trawangan dari dalam kamar.

Kehilangan Barang Berharga


Sampai saat ini saya bersyukur belum pernah kehilangan barang berharga selama liburan dan berharap jangan sampai deh. Saya nggak ngebayangin gimana kalutnya kehilangan berharga di saat berlibur. Apalagi jika benda-benda yang hilang adalah sesuatu yang penting misalnya paspor.  

Acara liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi kesedihan. Ada baiknya kita juga harus mewaspadai ini karena bisa saja nanti giliran kita. Letakan barang berharga di tempat yang aman.


Tas Tertukar/Terbawa Penerbangan Lain


Bukan hanya jodoh yang bisa tertukar tapi tas kita juga bisa tertukar dengan penumpang lain. Walaupun peluangnya itu kecil tapi kita nggak pernah tahu kapan kesialan akan datang. Kasus yang berbeda ada sebuah cerita yang pernah saya baca tentang seseorang yang kopernya terbawa ke penerbangan lain. Iya, kalau masih seputar Indonesia nggak masalah tetapi orang ini berniat liburan ke Eropa dalam jangka waktu lama.  Tentu itu menjadi semua masalah besar. 

Tidak mau mengalami hal yang sama. Setiap kali bepergian, saya dan ibu selalu membawa 2 tas. Emang sih terlihat ribet tapi kami nggak mau terjadi drama kalau tas kami sampai tertukar atau terbawa penerbangan lain.

Bukan tas besar yang kami bawa. Tas kecil yang muat beberapa baju dan perlengkapan mandi sebagai antisipasi kalau koper kami terlambat datang apalagi jika perjalanan jauh. Ada banyak aneka model tas di Tokopedia yang bisa kamu pilih di toko-toko online terpercaya . Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Perubahan Cuaca yang Ekstrim


Keadaaan Cuaca adalah salah satu pertimbangan yang harus dipersiapkan dengan matang saat berlibur. Jangan sampai kamu salah memprediksi cuaca kota/negara yang ingin kamu kunjungi. Sebelum memilih negara/kota tujuan, pastikan keadaan cuaca di sana sehingga liburanmu tidak akan terganggu karena perubahan cuaca yang tidak tentu. Kalau perlu bertanyalah pada beberapa orang yang tinggal di sana sehingga data yang kamu ambil akurat.


Menurut kalian peristiwa apa yang bisa mengganggu acara liburan?  Tuliskan di komentar ya.


Salam,

2 komentar:

  1. Iya, klo pas lagi datang bulan emang nyebelin banget. Hawanya beda aja. Jadi gampang capek dan pengin misuh2

    BalasHapus